Game ? apakah kalian pernah memainkan sebuah game ?, apakah kalian tak pernah berpikir untuk jadi creatornya ? nah untuk itu kali ini saya akan share bagaimana cara membuat game platform (seperti super mario) menggunakan macromedia flash 8 . . .
nah sebelumnya, apakah kalian sudah tau apa itu game platform, kalau belum cek disini "Apa itu Game Platform"
nah kalau kalian udah baca postingna sebelumnya tentang "Apa itu Flashplayer" yang menjelaskan tentang kegunaan, kelebihan, kekurangan dan bahasa yang digunakan dalam flash, nah sekarang saatnya kita untuk mencoba Membuat Game Platform Menggunakan Flashplayer 8
Pertama hal yang harus kita lakukan adalah membuat karakter dari game yang bakalan kita bikin
ada beberapa sesi dalam pembuatan
1. Ground dan kamera
2. Membuat karakter beserta animasinya
3. Rintangan, dan titik finish
- Membuat Ground (tempat pijakan)
Buatlah sebuah objek untuk berdiri si karakter yang bkalan nanti kita buat, > lalu convert menjadi Movie Clip > dan beri instance name "ground" (nama terserah )
nah sekarang untuk menambahkan script pada char
Membuat karakter /*dynamic*/
Buatlah sebuah object pada stage, lalu convert objek tersebut menjadi sebuah movie clip /* klik objek lalu tekan F8 untuk mengkonvert, pilih Typenya Movie Clip dan Registration poinnya di tengah*/

nah sekarang untuk menambahkan script pada char, copykan script dibawah ke frame player seperti di gambar
//deklarasi platform t = _root.ground; //deklarasi player p = _root.char; xspeed = 0; yspeed = 0; max_yspeed = 10; walk_speed = 7; // keadaan saat loncat ya jumping = true; // gravitasi & kekuatan loncat gravity = 2; jump_power = 20; //fungsi player dalam frame char.onEnterFrame = function() { //jika ditekan ke kiri if (Key.isDown(Key.LEFT)) { xspeed = -walk_speed; } if (Key.isDown(Key.RIGHT)) { xspeed = walk_speed; } //jika ditekan tombol ke atas dan tidak saat loncat if ((Key.isDown(Key.UP)) and !jumping) { yspeed -= jump_power; jumping = true; } //--------script jatuh seakan2 terkena grafitasi-----------\\ // jika keadaan saat loncat if (jumping) { yspeed += gravity; } //jika yspeed>max_yspeed if (yspeed>max_yspeed) { yspeed = max_yspeed; } //--------akhir script seakan2 terkena gravitasi-----------------\\ //jika platform dibawah kaki dan tidak saat loncat dan tidak saat naik if (level_under_my_feet() and !jumping) { yspeed = 0; } // memerintahkan player untuk melakukan gerakan // ->masukkan nilai-nilai x, y player ke dalam variabel forecast forecast_x = this._x+xspeed; forecast_y = this._y+yspeed; // mengontrol platform //ketika platform menyentuh bagian bawah player lakukan while (t.hitTest(forecast_x, forecast_y+this._height/2-1, true)) { forecast_y--; xspeed = 0; yspeed = 0; jumping = false; } //kembalikan nilai forecast ke player agar player begerak sesuai event this._x = forecast_x; this._y = forecast_y; // hentikan gerakan setelah event terjadi xspeed = 0; //agar player langsung jatuh ketika bagian bawah player tidak menyentuh ground if (t.hitTest(char._x, char._y+char._height/2, true)) { jumping = false; } else { jumping = true; } };
setelah menambahkan scrip diatas, maka karakter sudah bisa di gerakan kekanan > kekiri > loncat > dan jatuh kebawah di tarik grafitasi
- Nah, untuk menambah variasi pada groundnnya,
masuk ke movie clip ground dan gambar dengan tools yang ada di Macromedia Flasplayer seperti digambar
hasil yang barusan dibuat =====>
|
Untuk sesi membuat Ground, Char, Gravitasi selesai, untuk sesi Kamera, Animasi berjalan, rintangan dll kita lanjutkan dipostingan berikutnnya,
untuk contoh game yang saya bikin bisa didownload disini Game adventure
kritik, saran, dan pertannyaan silahkan koment
No comments:
Post a Comment
"Good Reader" adalah reader yang memberi Komentar setelah membaca Postingan ini,
dan "Spam Reader" Lebih baik dari pada "Silince Reader"